KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR I DAN II
Diantara sekian
banyak faktor yang ada dan harus dipenuhi oleh guru adalah kemampuan dasar
mengajar. Faktor ini merupakan bagian integral dari keprofesian guru yang
senantiasa harus ditingkatkan agar mampu memilah dan memilih berbagai gaya
pembelajaran yang cocok dengan karakteristik pebelajar ; apakah behavioristik
atau kontruktifistik. Terdapat 8 ketrampilan dasar mengajar yaitu :
1.
Ketrampilan bertanya
2.
Ketramilan memberi penguatan
3.
Ketrampilan memberi variasi
4.
Ketrampilan menjelaskan
5.
Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
6.
Ketrampilan memimpin diskusi kelompok kecil
7.
Ketrampilan mengelolah kelas
8.
Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
v Ketrampilan
Bertanya
Secara detail,
tujuan-tujuan dalam memberikan pertanyaan tersebut adalah :
1.
Membengkitkan minat dan rasa ingin tahu pebelajar terhadap suatu
pokok bahasan.
2.
Memusatkan perhatian pebelajar terhadap suatu pokok bahasan atau
konsep.
3.
Mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat pebelajar
belajar.
4.
Mengembangkan cara belajar aktif.
5.
Memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk mengasimilikasikan
informasi.
6.
Mendorong pebelajar mengemukakanya dalam bidang diskusi.
7.
Menguji dan mengukur hasil belajar pebelajar
8.
Untuk mengetahui keberhasilan pembelajar dalam mengajar.
Adapun
komponen-komponen dalam ketrampilan dasar ini yaitu :
1)
Mengungkapkan pertanyaan secara jelas
2)
Pemberian acuan
3)
Pemusatan
4)
Pemindahan giliran
5)
Penyebaran
6)
Pemberian waktu berfikir
7)
Pemberian tuntunan
Bebrapa alasan
kenapa pembelajar perlu menguasai ketrampilan bertanya karena :
1.
Pembelajr cenderung mendominasi kelas dengan ceramah
2.
Pebelajar belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3.
Pebelajar harus dilibatkan secara mental-intelektual secara
maksimal
4.
Adanya anggapan bahwa pertanyaan hanya berfungsi untuk menguji
pemahaman pebelajar.
Dalam
menerapkan ketrampilan bertanya dasar dan lanjut, pembelajar perlu meperhatikan
prinsip-prinsip berikut :
1)
Kehangatan dan keantusiasan
2)
Menghindari kebiasaan mengulang pertanyaan sendiri, menjawab
pertanyaan sendiri, mengajukan pertanyaan yang mengandung jawaban serempak,
mengulangi jawaban pebelajar, mengajukan pertanyaan ganda, dan menunjuk
pebelajar sebelum mengajukan pertanyaan
3)
Waktu berfikir yang diberikan untuk pertanyaan tingkat lanjut lebih
banyak dari yang diberikan untuk pertanyaan tingkat dasar.
4)
Susun pertanyaan pokok dan nilai pertanyaan tersebut sesudah
selesai mengajar.
A.
Ketrampilan memberi penguatan
Komponen-komponen dalam ketrampilan memberi penguatan adalah :
1.
Penguatan verbal adalah hebat, luar biasa, bagus, dan lain-lain.
2.
Penguatan non verbal adalah bisa berbentuk mimik, atau gerakan
badan, dan lain-lain.
Penguatan
bertujuan memberikan motivasi pebelajar dalam belajar, mengontrol, dan
memotivasi perilaku yang negative, menumbuhkan rasa percaya diri, serta
memelihara iklim kelas yang konduktif.
Dalam
memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1.
Kehangatan dan keantusiasan
2.
Kebermaknaan
3.
Hindari respons negatif
4.
Pengeuatan harus bervariasi
5.
Sasaran penguatan harus jelas
6.
Penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan
mucul.
B.
Ketrampilan mengadakan variasi
Variasi dalam
menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam
kelas memiliki komponen sebagai berikut :
1.
Variasi dalam gaya mengajar
a.
Menggunakan variasi suara
b.
Memusatkan perhatian
c.
Kesenyapan
d.
Mengadakan kontak pandang
e.
Gerakan badan dan mimik
f.
Mengamati posisi pembelajar dalam kelas.
2.
Menggunakan media dan bahan pelajaran
a.
Variasi alat atau bahan yang dapat dilihat
b.
Variasi alat yang dapat didengar
c.
Variasi alat yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.
Variasi pila interaksi dan kegiatan pebelajar
C.
Ketrampilan menjelaskan
Komponen ketrampilan
menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1.
Merencanakan materi penjelasan
a.
Menganalisis masalah
b.
Menentukan hubungan
c.
Menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.
Menyajikan penjelasan
a.
Kejelasan
b.
Menggunakan contoh dan ilustrasi yang bisa dilakukan dengan pola
induktif atau deduktif
c.
Memberikan tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi
gaya mengajar dan membuat struktur sajian
d.
Balikan, yang bertujuan mendapat informasi.
D.
Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
1.
Ketrampilan membuka pelajaran
Secara khusus membuka pelajaran adalah untuk :
a.
Mempersiapkan mental pebelajar agar siap memasuki persoalan yang
akan dipelajari atau dibahas dalam proses pembelajaran
b.
Menarik minat dan perhatian pebelajar,
c.
Menumbuhkan motivai belajar dan lain-lain.
2.
Menutup pelajaran
Untuk menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara :
1.
Menyimpulkan atau membuat garis-garis besar materi pokok pelajaran
yang telah dibahas, sehingga pebelajar memperoleh gambaran yang menyeluruh dan
jelas tentang pokok-pokok materi pelajaran
2.
Mengkosolidasikan perhatian pebelajar terhadap hal-hal yang
pokokagar informasi yang telah diterimah dapat membangkitkan minat untuk
mempelajari lebih lanjut.
3.
Mengorganisasikan kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk
pemahaman baru tentang materi yang telah dipelajarai.
4.
Memberikan pos test baik secara lisan, tulisan maupun berbentuk
perbuatan.
5.
Memberikan tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas dengan
materi pelajaran yang telah dibahas serta pemberian tugas-tugas yang harus
dikerjakan baik secara individu maupun kelompok untuk menguasai materi
pelajaran.
E.
Ketrampilan Memimpin Diskusi Kelompok
Kecil
Komponen
ketrampilan yaitu :
1.
Memusatkan perhatian
2.
Memperjelas masalah atau urutan pendapat
3.
Menganalisis pendangan pebelajar
4.
Meningkatkan urunan pebelajar
5.
Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.
Menutup diskusi
F.
Ketrampilan Pengelola Pembelajaran
Pengelola kelas
adalah ketrampilan pembelajar untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar
yang optimal dan ketrampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang
optimal.
1.
Ketrampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi
belajar yang optimal.
2.
Ketrampilan yang berhubungan dengan pengembalian kindisi belajar
yang optimal.
a.
Mendifikasikan tingkah laku
b.
Pengelolaan kelas
c.
Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
G.
Ketrampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan
. Kemponen
ketrampilan ini adalah :
1.
Ketrampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
2.
Ketrampilan mengorganisasikan
3.
Ketrampilan membimbang dan memudahkan belajar pebelajar
4.
Ketrampilan merencanakan dan melaksanakan kegitan belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar