KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR II
A.
Ketrampilan mengadakan variasi
Variasi adalah
keanekaan yang membuat sesuatu yang tidak menonton variasi didalam kegiatan
pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingin
tahuan pebelajar dan meningkatkan kadar keaktifan pebelajar. Variasi dalam
menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam
kelas memiliki komponen sebagai berikut :
1.
Variasi dalam gaya mengajar
a.
Menggunakan variasi suara
b.
Memusatkan perhatian
c.
Kesenyapan
d.
Mengadakan kontak pandang
e.
Gerakan badan dan mimik
f.
Mengamati posisi pembelajar dalam kelas.
2.
Menggunakan media dan bahan pelajaran
a.
Variasi alat atau bahan yang dapat dilihat
b.
Variasi alat yang dapat didengar
c.
Variasi alat yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.
Variasi pila interaksi dan kegiatan pebelajar
B.
Ketrampilan menjelaskan
Menjelaskan
adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik
yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, sebab akibat antara yang telah
diketahui dan yang belum diketahui.
Komponenketrampilan
menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1.
Merencanakan materi penjelasan
a.
Menganalisis masalah
b.
Menentukan hubungan
c.
Menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.
Menyajikan penjelasan
a.
Kejelasan
b.
Menggunakan contoh dan ilustrasi yang bisa dilakukan dengan pola
induktif atau deduktif
c.
Memberikan tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi
gaya mengajar dan membuat struktur sajian
d.
Balikan, yang bertujuan mendapat informasi.
C.
Ketrampilan memimpin diskusi Kelompok
kecil
Diskusi
kelompok kecil merupakan salah satu strategi yang memungkinkan pebelajar
menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang
memberi kesempatan berfikir, berinteraksi sosial serta berlatih bersikap
positif. Komponen ketrampilan yaitu :
1.
Memusatkan perhatian
2.
Memperjelas masalah atau urutan pendapat
3.
Menganalisis pendangan pebelajar
4.
Meningkatkan urunan pebelajar
5.
Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.
Menutup diskusi
D.
Ketrampilan pengelola pembelajaran
Pengelola kelas
adalah ketrampilan pembelajar untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar
yang optimal dan ketrampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang
optimal.
1.
Ketrampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan
kondisi belajar yang optimal.
2.
Ketrampilan yang berhubungan dengan pengembalian kindisi belajar
yang optimal.
a.
Mendifikasikan tingkah laku
b.
Pengelolaan kelas
c.
Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
E.
Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Terjadinya
hubungan interpersonal yang sehat dan akrab dapat terjadi antara
pembelajar-pebelajar, maupun antara pebelajar dan pebelajar, baik alam kelompok
kecil maupun perorangan. Kemponen ketrampilan :
1.
Ketrampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
2.
Ketrampilan mengorganisasikan
3.
Ketrampilan membimbang dan memudahkan belajar pebelajar
4.
Ketrampilan merencanakan dan melaksanakan kegitan belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar