kupu-kupuQ

kupu-kupuQ

Sabtu, 07 Juni 2014

Ketrampilan Dasar Mengajar II


KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR II
A.    Ketrampilan mengadakan variasi
Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu yang tidak menonton variasi didalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingin tahuan pebelajar dan meningkatkan kadar keaktifan pebelajar. Variasi dalam menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas memiliki komponen sebagai berikut :
1.      Variasi dalam gaya mengajar
a.       Menggunakan variasi suara
b.      Memusatkan perhatian
c.       Kesenyapan
d.      Mengadakan kontak pandang
e.       Gerakan badan dan mimik
f.       Mengamati posisi pembelajar dalam kelas.
2.      Menggunakan media dan bahan pelajaran
a.       Variasi alat atau bahan yang dapat dilihat
b.      Variasi alat yang dapat didengar
c.       Variasi alat yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.      Variasi pila interaksi dan kegiatan pebelajar
B.     Ketrampilan menjelaskan
Menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan, sebab akibat antara yang telah diketahui dan yang belum diketahui.
Komponenketrampilan menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1.      Merencanakan materi penjelasan
a.       Menganalisis masalah
b.      Menentukan hubungan
c.       Menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.      Menyajikan penjelasan
a.       Kejelasan
b.      Menggunakan contoh dan ilustrasi yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif
c.       Memberikan tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar dan membuat struktur sajian
d.      Balikan, yang bertujuan mendapat informasi.
C.    Ketrampilan memimpin diskusi Kelompok kecil
Diskusi kelompok kecil merupakan salah satu strategi yang memungkinkan pebelajar menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang memberi kesempatan berfikir, berinteraksi sosial serta berlatih bersikap positif. Komponen ketrampilan yaitu :
1.      Memusatkan perhatian
2.      Memperjelas masalah atau urutan pendapat
3.      Menganalisis pendangan pebelajar
4.      Meningkatkan urunan pebelajar
5.      Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.      Menutup diskusi

D.    Ketrampilan pengelola pembelajaran
Pengelola kelas adalah ketrampilan pembelajar untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan ketrampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.
1.      Ketrampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.
2.      Ketrampilan yang berhubungan dengan pengembalian kindisi belajar yang optimal.
a.       Mendifikasikan tingkah laku
b.      Pengelolaan kelas
c.       Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.

E.     Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Terjadinya hubungan interpersonal yang sehat dan akrab dapat terjadi antara pembelajar-pebelajar, maupun antara pebelajar dan pebelajar, baik alam kelompok kecil maupun perorangan. Kemponen ketrampilan :
1.      Ketrampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
2.      Ketrampilan mengorganisasikan
3.      Ketrampilan membimbang dan memudahkan belajar pebelajar
4.      Ketrampilan merencanakan dan melaksanakan kegitan belajar mengajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar