HAKIKAT, TUJUAN
DAN LATAR BELAKANG PENGELOLAAN KELAS
A. HAKIKAT PENGELOLAAN
KELAS
Pengelolaan kelas
merupakan gabungan dari dua kata yakni kata pengelolaan dan kata kelas. Dalam kamus
bahasa inggris pengelolaan disebut management,
berarti identik dengan manajemen. Pada umumnya pengelolaan adalah pengaturan,
pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian, dan
penilaian.
Sedangkan kelas adalah
sekelompok orang yang belajar bersama-sama. Menurut Ahmad (1995) mengatakan
bahwa kelas adalah rombongan belajar atau ruangan kelas.
Adapun pengertian
pengelolaan kelas dapat diartikan sebagai upaya merencanakan, mengorganisir,
mengarahkan, mengkoordinasi dan mengontrol kelompok belajar yang dilakukan oleh
pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
1.
Pengelolaan
kelas adalah serangkai tindakan
pembelajar yang ditujukan untuk mendorong munculnya tingkah laku yang diharapkan dan menghilangkan tingkah
laku yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonal yang baik dan
iklim sosio-emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi
kelas yang produktif dan efektif.
2.
Tujuan
pengelolaan kelas adalah menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang
memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif.
B. LATAR BELAKANG PENGELOLAAN KELAS
Pembelajaran sangat berperan dalam
membantu pembelajaran di kelas. Pembelajaran dapat mewujudkan tujuan secara
optimal. Didalam kelas pembelajar melaksanakan
dua kegiatan pokok yaitu membelajarkan dan mengelola kelas.
Membelajarkan berarti menemukan preskripsi baru untuk membuar pebelajar dapat
belajar. Artinya mengajar bukanlah memindahkan pengetahuan dari seorang
pembelajar kepada orang yang belajar melainkan lebih kepada upaya menata
lingkungan agar pebelajar termotivasi dalam menggali makna serta menghargai
ketidakmenentuan atau upaya membuat
pebelajar bisa dan mau belajar.
Mengajar
adalah aktivitas yang mulia karena ia memberikan kemanfaatan kepada orang
lainsedang dirinya sendiri mendapatkan kemanfaatan yaitu bertambah ilmunya
sekaligus ia menjadi sosok yang juga mulia.
Dengan ungkapan lain, aktivitas mengajar adalah
menyiapkan kondisi pembelajaran dan memilah sekaligus memilih metode
pembelajaran yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal si belajar,
mencari dan membuat preskripsi baru yang sesuai dengan diri pebelajar dan
materi bahan ajar. (Reigeluth, 2009)
Jadi
pengelolaan kelas tidak hanya pengaturan kelas , fasilitas fisik dan rutinitas,
melainkan juga mengelola berbagai hal yang tercakup dalam komponen pembelajaran
pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan
kondisi kelas yang kondusif. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung
secara efektif dan efisien. Efektif berarti tercapainya tujuan sesuai dengan
perencanaan yang dibuat secara tepat. Efisien adalah pencapaian tujuan
pembelajaransebagaimana yang direncanakan dengan lebih cepat.
Setiap
pembelajar harus senantiasa mengembangkan potensi diri baik pada aspek
sumbstansi materi yang diajarkan maupun pada aspek penunjang keberhasilan
sepert pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas diperlukan karena dari waktu ke
waktu tingkah laku dan perbuatan pebelajar selalu berubah. Hari ini pebelajar
dapat belajar dengan baik dan tenang namun hari berikutnya belum tentu si
pebelajar dapat belajar dengan baik dan tenang sebagaimana sebelumnya.
C. TUJUAN PENGELOLAAN
KELAS
Adapun tujuan pengelolaan kelas
antara lain;
1.
Mewujudkan
situasi dan kondisi kelas semaksimal mungkin
2.
Menghilangkan
berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar
mengajar.
3.
Menyediakan
dan mengatur fasilitas yang mendukung lingkungan kelas.
4.
Membina
dan membimbing sesuai dengn latar belakang sosial, ekonomi, budaya dan sifat
individulnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar