Administrasi kelas
A. Pengertian Administrasi Kelas
Administrasi kelas Adalah proses
perencanaan, pengorganisasian, aktuasi dan dan pengawasan yang dilakukan oleh
guru baik individual maupun orang lain untuk mencapai pembelajaran yang efektif
dan efisien dengan cara memanfaatkan segala sumber daya yang ada.
Administrasi kelas merupakan segala usaha
yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan
menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai
dengan kemampuan. Atau dapat dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha
sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha
sadar itu mengarah pada pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi/kondisi
proses belajar, mengajar dan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan
dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai (Dirjen PUOD dan Dirjen
Dikdasmen 1996).
Konsep dasar yang perlu
dicermati dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, kelompok, sekolah
dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Aktivitas guru yang terpenting
adalah memanaj, mengorganisir, dan mengkoordinasikan segala aktivitas peserta
didik menuju tujuan pembelajaran. Mengelola kelas merupakan keterampilan yang
harus dimiliki guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosis dan kemampuan
bertindak menuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas.
Dari sinilah tugas guru
adalah menciptakan, memperbaiki, memelihara situasi kelas, dimana situasi itulah yang mendukung peran
siswa untuk mengukur, mengembangkan, dan
memelihara stabilitas kemampuan, bakat, minat, dan energi yang dimilikinya
dalam rangka menjalankan tugas-tugas pendidikan dan pembelajaran, disamping
merangsang siswa agar terciptanya pross pembelajaran yang efektif dan efisien
didalam ruang kelas.
B. Ruang Lingkup Administrasi kelas
Ø Pengaturan Orang (Siswa)
Pengaturan orang atau siswa adalah bagaimana mengatur
dan menempatkan siswa dalam kelas sesuai dengan potensi intelektual dan
perkembangan emosionalnya.
Ø Pengaturan Fasilitas
Pengaturan fasilitas adalah kegiatan pengaturan fisik
kelas sehingga seluruh siswa dapat terfasilitasi dalam aktivitasnya didalam
kelasdan siswa merasa nyaman, senang, aman serta belajar dengan baik
C. Tujuan Administrasi kelas
Administrasi kelas pada umumnya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam pencapaian
tujuan belajar.
Ketercapaian tujuan pengelolaan kelas seperti
dikemukakan oleh a.c.Wragg dapat dilihat dari:
Ø
Anak-anak memberikan respon yang setimpal terhadap perlakuan yang sopan dan
penuh perhatian dari guru.
Ø
Mereka akan bekerja dengan rajin dan penih konsentrasi dalam melakukan
tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuannya.
D. Faktor yang mempengaruhi Administrasi kelas
a. Kondisi fisik
Ø Ruangan
tempat berlangsungnya proses belajar mengajar.
Ø Pengaturan
tempat duduk
Ø Ventilasi
dan pengaturan cahaya
Ø Pengaturan
penyimpanan barang-barang.
b. Kondisi Sosio-Emosional
Ø Tipe
kepemimpinan
Ø Sikap
guru
Ø Suara
guru
Ø Pembinaan hubungan baik (raport)
c. Kondisi Organisasional
Dengan kegiatan rutin yang secara organisasional telah diatur secara
jelasdan telah dikomunikasikan kepada semua siswa secara terbuka sehingga jelas
bagi mereka, akan menyebabkan tertanamnya pada diri setiap siswa kebiasaan yang
baik. Kegiatan rutinitas tersebut antara lain:
Ø Pergantian pelajaran
Ø Guru berhalangan hadir
Ø Masalah antar siswa
Ø Upacara bendera
Ø Kegiatan lain
Terima atas infonya. sangat bermanfaat sekali
BalasHapus