kupu-kupuQ

kupu-kupuQ

Selasa, 10 Juni 2014

administrasi kelas


Administrasi kelas
A.    Pengertian Administrasi Kelas
         Administrasi kelas Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, aktuasi dan dan pengawasan yang dilakukan oleh guru baik individual maupun orang lain untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien dengan cara memanfaatkan segala sumber daya yang ada.
      Administrasi kelas merupakan segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan. Atau dapat dikatakan bahwa manajemen kelas merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis. Usaha sadar itu mengarah pada pengaturan ruang belajar, mewujudkan situasi/kondisi proses belajar, mengajar dan pengaturan waktu sehingga pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai (Dirjen PUOD dan Dirjen Dikdasmen 1996).
              Konsep dasar yang perlu dicermati dalam manajemen kelas adalah penempatan individu, kelompok, sekolah dan faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Aktivitas guru yang terpenting adalah memanaj, mengorganisir, dan mengkoordinasikan segala aktivitas peserta didik menuju tujuan pembelajaran. Mengelola kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru dalam memutuskan, memahami, mendiagnosis dan kemampuan bertindak menuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas.
              Dari sinilah tugas guru adalah menciptakan, memperbaiki, memelihara situasi kelas,  dimana situasi itulah yang mendukung peran siswa untuk mengukur, mengembangkan,  dan memelihara stabilitas kemampuan, bakat, minat, dan energi yang dimilikinya dalam rangka menjalankan tugas-tugas pendidikan dan pembelajaran, disamping merangsang siswa agar terciptanya pross pembelajaran yang efektif dan efisien didalam ruang kelas.
B.     Ruang Lingkup Administrasi kelas
Ø Pengaturan Orang (Siswa)
Pengaturan orang atau siswa adalah bagaimana mengatur dan menempatkan siswa dalam kelas sesuai dengan potensi intelektual dan perkembangan emosionalnya.
Ø Pengaturan Fasilitas
Pengaturan fasilitas adalah kegiatan pengaturan fisik kelas sehingga seluruh siswa dapat terfasilitasi dalam aktivitasnya didalam kelasdan siswa merasa nyaman, senang, aman serta belajar dengan baik
C.    Tujuan Administrasi kelas
Administrasi kelas pada umumnya untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam pencapaian tujuan belajar.
Ketercapaian tujuan pengelolaan kelas seperti dikemukakan oleh a.c.Wragg dapat dilihat dari:
Ø  Anak-anak memberikan respon yang setimpal terhadap perlakuan yang sopan dan penuh perhatian dari guru.
Ø  Mereka akan bekerja dengan rajin dan penih konsentrasi dalam melakukan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuannya.
D. Faktor yang mempengaruhi Administrasi kelas
a. Kondisi fisik
Ø Ruangan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar.
Ø Pengaturan tempat duduk
Ø Ventilasi dan pengaturan cahaya
Ø  Pengaturan penyimpanan barang-barang.
b. Kondisi Sosio-Emosional
Ø Tipe kepemimpinan
Ø Sikap guru
Ø Suara guru
Ø Pembinaan hubungan baik (raport)
c. Kondisi Organisasional
Dengan kegiatan rutin yang secara organisasional telah diatur secara jelasdan telah dikomunikasikan kepada semua siswa secara terbuka sehingga jelas bagi mereka, akan menyebabkan tertanamnya pada diri setiap siswa kebiasaan yang baik. Kegiatan rutinitas tersebut antara lain:
Ø Pergantian pelajaran
Ø Guru berhalangan hadir
Ø Masalah antar siswa
Ø  Upacara bendera
Ø Kegiatan lain


1 komentar: